Langsung ke konten utama

Tips Memotret Landscape Agar Lebih Baik

Terlepas jika Anda pemula di dunia fotografi atau sudah berpengalaman, bagi banyak dari kita, cinta pertama kami adalah fotografi landscape. Ada sesuatu yang sangat ajaib tentang foto landscape sempurna dibuat yang tidak bisa tidak menarik perhatian seseorang. Di sisi lain lensa, memotret alam tidak hanya memberikan kita kesempatan tak terbatas untuk gambar yang menakjubkan, tetapi juga berfungsi sebagai cara yang bagus untuk menantang diri kita sebagai fotografer.

menangkap-baik-lanskap-1
foto oleh Nathan McCreery.
Setiap saat, unsur-unsur dalam alam bisa berubah, yang secara drastis dapat mempengaruhi hasil foto. Sementara fotografi landscape yang bagus mungkin tampak sulit untuk dikuasai, tapi tidak menakutkan seperti yang Anda mungkin pikir. Dalam tutorial fotografi landscape ini, saya telah mengumpulkan daftar teknik dan tips yang pasti akan membantu Anda belajar bagaimana untuk mengambil foto pemandangan yang menakjubkan.
Carilah elemen latar depan yang bagus untuk memaksimalkan kedalaman dan perspektif
Anda akan kagum bagaimana tindakan sederhana termasuk elemen latar depan dalam foto landscape benar-benar dapat mengubah adegan. Dengan menambahkan elemen latar depan foto Anda, gambar langsung dapat menggambarkan sensasi yang lebih dalam perspektif dan kedalaman. Tanpa itu, foto mungkin terlihat terlalu datar untuk selera Anda.
Ini juga lebih baik untuk menggunakan lensa wide-angle. Lensa wide-angle, dengan desain meningkatkan rasa kedalaman dalam jepretan. Menggabungkan ini dengan elemen latar depan benar-benar akan membuka ruang yang dirasakan dalam adegan.
Dengan lensa wide-angle elemen latar depan akan tampak jauh lebih besar dari objek latar belakang, memaksimalkan rasa mendalam.

"Cahaya Tuhan" ditangkap oleh Jet Rabe. (Klik gambar untuk melihat lebih dari Jet Rabe.)
foto oleh Jet Rabe.
Menemukan unsur latar yang sempurna untuk memasukkan dalam adegan Anda dapat mengambil hanya beberapa menit atau beberapa jam. Sebelum melakukan jepretan Anda, menjelajahi lokasi sampai Anda menemukan elemen terbaik untuk dimasukkan, apakah itu rumpun bunga, kelompok bebatuan, kolam refleksi, atau ranting pohon jatuh. Jadilah kreatif dengan pilihan Anda!
Manfaatkan cuaca buruk
Ketika cuaca buruk menyerang banyak fotografer berkemas peralatan mereka dan pulang. Apa yang mereka tidak tahu adalah bahwa mereka kehilangan beberapa peluang luar biasa untuk fotografi landscape bagus.
Kita semua telah melihat tak terhitung banyaknya foto yang telah diambil pada hari-hari cerah. Yang baik-baik saja. Tapi, pikirkan tentang foto-foto Anda telah melihat yang terdiri dari alam paling buruk: mobil terbenam di tumpukan salju setelah badai salju misalnya, awan hujan yang dramatis itu adalah hal yang luar biasa untuk dilihat
Karena kebanyakan orang takut ketika terjadi cuaca buruk, dan tinggal di dalam, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menangkap beberapa foto yang bagus. Sebagai seorang fotografer mencoba untuk tidak membiarkan cuaca buruk menakut-nakuti Anda, tetapi intrik Anda untuk menangkap beberapa gambar yang mengagumkan.
Mendokumentasikan cuaca buruk yang terjadi (atau bahkan setelah itu telah berlalu) yang menarik bagi pemirsa untuk melihat.

"Badai adalah Brewing" ditangkap oleh JoAnn Fougere. (Klik gambar untuk melihat lebih dari JoAnn Fougere.)
foto oleh JoAnn Fougere
Hanya pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan tetap aman saat memotret adegan cuaca buruk. Selalu menempatkan keselamatan Anda terlebih dahulu.
Fotografi landscape yang terbaik memerlukan perencanaan
Sering kali, ketika Anda melihat sebuah gambar dari sebuah foto landscape yang bagus, Anda berpikir untuk diri sendiri "Wow, pencahayaan dan komposisi yang begitu sempurna! Fotografer beruntung dengan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. "
Biasanya, hal ini jauh dari kebenaran!
Foto pemandangan paling indah mengambil sejumlah besar waktu dan perencanaan. Ini hampir tidak mungkin bagi seorang fotografer untuk muncul di sebuah lokasi pada waktu acak pada hari acak dan mengharapkan hasil yang bagus.

"Pennines Utara" caputred oleh Floyd Franklin. (Klik gambar untuk melihat lebih dari Floyd Franklin.)
foto oleh Floyd Franklin.
Jika Anda ingin menangkap foto terbaik untuk adegan yang diberikan yang terbaik dari sebuah lokasi sebelumnya dan mengambil gambar beberapa tes sepanjang hari. Dengan begitu bisa melihat bagaimana pencahayaan alami mempengaruhi kejadian dan tahu kapan Anda harus kembali.
Kemudian, ketika Anda kembali, Anda dapat tiba sekitar 30 menit sebelum waktu, mengatur komposisi Anda dan siap untuk mengambil gambar bagus ketika pencahayaan bergerak sempurna ke tempatnya.
Sebagai aturan praktis, biasanya yang terbaik untuk mengambil foto landscape selama golden hour (atau magic hour) saat setelah matahari terbit atau sebelum terbenam.
Kreatif dengan menangkap berbagai sudut/angle
Banyak fotografer baru naluriah menembak foto pemandangan dengan menetapkan tripod mereka di tanah di tingkat mata dan kemudian membingkai tembakan. Ya, hal ini dapat mengakibatkan sebuah foto yang baik, tapi banyak peluang besar lainnya sedang dilewatkan
Jika Anda benar-benar ingin foto Anda menonjol dari karya fotografer lain, Anda harus bekerja keras untuk membingkai pengaturan umum dalam cara yang kreatif.

"129" ditangkap oleh Cristina Ciutan. (Klik gambar untuk melihat lebih dari Cristina Ciutan.)
foto oleh Cristina Ciutan.
Anda dapat melakukan ini dalam beberapa cara. Cobalah menangkap sudut pandang yang berbeda. Menembak dari atas tinggi atau sangat rendah ke tanah. Susun tembakan menggunakan Out of Focus Foreground Framing. Posisi unsur-unsur alami dalam sebuah adegan dalam cara yang unik. Menangkap adegan di malam hari. Gunakan refleksi. Dan lain sebagainya.
Bracket eksposur Anda
Ketika Anda memulai dalam fotografi landscape, Anda akan melihat bahwa mengambil satu foto biasanya tidak mengakibatkan menangkap potensi penuh adegan itu. Seringkali, daerah gelap terang tidak pas.
Masalah ini umum dapat dengan mudah dipecahkan dengan bracketing eksposur Anda dan Anda harus membuatnya menjadi praktek umum untuk melakukannya pada setiap menembak landscape.
Bracketing eksposur Anda hanya berarti untuk menangkap komposisi yang sama dengan tingkat eksposur ganda. Biasanya, itu adalah antara 3-5 jepretan bervariasi dalam kecerahan eksposur. Hal ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan jangkauan dinamis dalam sebuah foto.

"Ketika The Sun Goes Down On My Kind of Town" ditangkap oleh Ronald Quillopas. (Klik gambar untuk melihat lebih dari Ronald Quillopas.)
foto oleh Ronald Quillopas.
Berikut adalah cara kerjanya:
Menangkap satu gambar menggunakan pengaturan kamera Anda dianggap sebagai suatu keseluruhan eksposur yang tepat untuk pemandangan. Kemudian, gunakan tombol eksposur kompensasi (jika pemotretan dalam mode otomatis) atau aperture, shutter speed atau pengaturan ISO (jika pemotretan dalam mode manual) untuk memaksa one stop overexposure. Selanjutnya, memaksa one stop underexposure. Hal ini mengakibatkan tiga eksposur berbeda.
Jika Anda ingin menangkap lima eksposur, hanya diperlukan dua tembakan. Satu dengan dua stop overexposure dan lain dengan dua stop underexposure.
Kemudian, dalam perangkat lunak pengedit foto, seperti Adobe Photoshop, Element, Lightroom atau Apple Aperture, Anda dapat secara otomatis menggabungkan 3-5 foto bersama untuk membuat satu foto dengan rentang dinamis yang lebih menarik.
Semua elemen dalam adegan, dari bayangan gelap hingga highlight terang akan terekspos dengan benar.
Biarkan alam menjadi guru Anda
Anda bisa mempelajari semua tips dan trik di dunia tentang bagaimana untuk mengambil foto pemandangan atau landscape yang lebih baik, tetapi tidak ada sekolah atau workshop yang akan mengajarkan Anda bagaimana menjadi seorang fotografer landscape yang lebih baik dari alam itu sendiri.
Hanya jam praktek di lapangan dengan mata terbuka dan keinginan untuk kreativitas akan membuat Anda seorang fotografer yang lebih baik.

"Double Rainbow atas Monumen Nasional Colorado" ditangkap oleh Matt Shetzer. (Klik gambar untuk melihat lebih dari Matt Shetzer.)
foto oleh Matt Shetzer.
Jadi, segera keluar dan mulai menerapkan tips dan teknik saya telah berbagi dengan Anda sehingga Anda dapat belajar bagaimana memanfaatkan masing-masing untuk keuntungan penuh. Anda akan menemukan apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk adegan yang berbeda dan menemukan trik Anda sendiri sepanjang jalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidang Rekaman KPK, MK Dengarkan Dua Saksi Ahli

Rabu, 4 November 2009 | 14:11 WIB JAKARTA, KOMPAS.com — Mahkamah Konstitusi kembali menggelar sidang uji materi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (4/11) sore di Gedung MK, Jakarta. Sidang yang menguji Pasal 32 Ayat 1 Huruf c tentang pemberhentian pimpinan KPK secara tetap oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bila menjadi terdakwa ini kemarin telah memutar rekaman dugaan kriminalisasi KPK. Pada sidang kali ini, MK akan mendengarkan dua saksi ahli, yaitu pakar hukum UI Rudi Satrio dan mantan Ketua Komisi Nasional HAM Abdul Hakim Garuda Nusantara. Dua pimpinan KPK (nonaktif), Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, tampak di ruang sidang dengan didampingi tim kuasa hukumnya. Sementara itu, dari pihak pemerintah hadir Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dan beberapa pejabat dari Kejaksaan Agung. Saat ini para wartawan dan masyarakat pun telah memadati ruang sidang yang terbuka untuk umum tersebut.

Digital zoom vs optical zoom

Masih banyak diantara kita yang tidak mengerti akan perbedaan antara digital zoom dan optical zoom. Padahal di kehidupan sehari-hari kita sudah sering menggunakannya baik ketika memotret menggunakan kamera saku digital maupun kamera ponsel. Ada baiknya kita mengetahui sedikit esensi dari keduanya agar kita dapat memaksimalkan penggunaannya : Digital zoom Pembesaran gambar yang dilakukan dari gambar yang sudah ada. Atau mengcroping sebuah gambar lalu melakukan pembesaran terhadapnya. Tindakan ini tentu saja mereduksi kualitas dari gambar hasil cropingan tadi. Tidak dianjurkan bagi anda yang mengutamakan detail gambar. Jenis zoom ini biasanya terdapat pada kamera ponsel . Optical zoom Pembesaran gambar yang dilakukan melalui rangkaian optik yang ada di dalam lensa kamera langsung terhadap obyek yang difoto sehingga tidak mengurangi kualitas gambar. Jenis zoom ini biasanya terdapat pada kamera saku digital dan kamera DSLR. Semoga bermanfaat.

CINTA ITU MENYAKITKAN

Berawal dari pertama kalinya saya mengusir jenuh menggunakan fs>knodli@yahoo.co.id, tren itupun usai stelah mark zugemberg pada tahun 2005 sudah mulai memperkenalkan situs jejaring sosial yg diberi nama facebook! Yup! Awal tahun 2009 saya resmi invite ke situs ini, sign up dgn menggunakan e-mail yahoo : knodli@yahoo.co.id saya log in di facebook.. Senang saya rasakan saat itu.. Mencari tau akan segala hal meski waktu itu saya belum byk tau, itupun awal saya tau karena kakak saya (nody rakhmad)*HSO ASTRA Curup* sudah lebiH dulu mempunyai akun  ini, yah!! Dia memang jauh dari techno dari pada saya..  Whateverlah!!! Fb..saya jadikan tempat curhat, byk curhat. Seperti masalah keluarga,keluh kesah keseharian menjalani rutinitas,sekedar mencari orang yg mau diisengin chating..yah! Ga kerasa udah 373org yg aq add, meskipun rata2 aq ga kenal..,dalam media fb aq juga suka upload gambar2 hasil jepretan dan editan, upload video pribadi.. Wah! Pokoknya seru lah.., dalam waktu seminggu aq kaget